Home / BERITA BOLA / Jepang Berhasil Catatkan Sejarah Unik di Piala Dunia 2018

 

Jepang Berhasil Catatkan Sejarah Unik di Piala Dunia 2018

Jepang menjadi satu-satunya perwakilan ASIA yang bertahan, setelah Korea Selatan dipastikan gagal di zona grup F, meskipun berhasil mengalahkan Jerman di matchday pamungkas. Namun ada drama mendebarkan yang terjadi saat berhadapan dengan Polandia, pasalnya Jepang kalah 0-1 di Volgograd Arena Stadium pada Kamis (28/06/2018) malam WIB.

Tetapi ada keberuntungan yang memang sudah diterapkan sejak awal, dimana Senegal berhasil dikalahkan Kolombia. Dimana baik Jepang dan Senegal memiliki poin sama, namun FIFA memberikan posisi runner-up Grup H pada Jepang, karena sistem Fair Play.

Yuto Nagatomo dan kawan kawan memang sempat muram dengan hasil kekalahan kontra Polandia, namun tidak berselang lama setelah laga Senegal kontra Kolombia usai. Jepang mendapatkan tiket ke babak 16 besar yang terakhir, semua hal yang tidak diperhitungkan sebelumnya, namun sistem Fair Play mengizinkan hal tersebut.

FIFA nampaknya membuat sejarah tersendiri, pasalnya mengambil keputusan berdasarkan sistem Fair Play, dimana memberikan penghargaan pada tim yang bermain bersih dan minim kartu pelanggaran. Hal ini memang sangat jarang sekali terjadi, bahkan ini bisa jadi pertama kalinya. Jepang berhasil menjadi tim pertama di Piala Dunia yang lolos dengan menggunakan sistem Fair Play.

FIFA sendiri memiliki banyak urutan untuk menentukan pemenang yang bisa lolos dalam zona penyisihan grup, sudah jelas pertama dari poin yang berhasil didapatkan. Setelah itu selisih gol yang terjadi, jumlah gol yang berhasil dicetak kedua tim, cara keempat dari poin yang didapatkan tim lainnya. Kelima dengan cara selisih gol dari tim terkait, cara keenam jumlah pencetak gol, baru cara terakhir dengan menggunakan sistem Fair Play. Bahkan masih ada cara terakhir untuk menentukan pemenang, undian.

Senegal memang jadi tim yang paling tidak beruntung di Piala Dunia 2018, pasalnya jumlah poin dan selisih gol keduanya juga sama. Hal ini mau tak mau membuat FIFA menggunakan sistem Fair Play untuk menentukan pemenangnya, nampaknya ini buah manis yang berhasil didapatkan Jepang. Pasalnya, Akira Nishino, pelatih timnas Jepang, selalu menekankan untuk bermain bersih, guna mengurangi terjadinya tendangan penalti, dimana hampir terjadi di setiap pertandingan, bahkan bukan hanya sekali.

Akumulasi kartu yang didapatkan Jepang tentu lebih sedikit, hanya mendapatkan 4 kartu kuning dalam 3 laga terakhir. Sudah jelas akan menang, jika dibandingkan Senegal yang mendapatkan 6 kartu kuning selama bermain di Grup H. Sehingga perwakilan ASIA yang bertahan di Piala Dunia 2018, berhak untuk mendapatkan tiket terakhir dan menempati posisi runner-up Grup H.

 

About the author: siteadmin

 

 

Recent posts in BERITA BOLA